Harmonisasi Gerak Cendekia, Himmpas IPB Adakan Agrinova Kedua

YOGYAKARTA, (23/10) – Agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (Himmpas IPB) kembali hadir tahun ini. Kegiatan yang dinamakan Agrinova tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 21-22 November mendatang di Kampus IPB Darmawa akan terdiri dari berbagai rangkaian acara. Selain seminar nasional tentang Agro-Ekonomi, juga akan ada Call for Paper dan Pameran Poster Haasil Penelitian dan juga Bazar Kewirausahaan.

Tema besar Harmonisasi Gerak Cendekia dipilih untuk mewakili semangat berkumpulnya pada cendekiawan, baik yang senior maupun junior, untuk saling bertukar gagasan dan memberikan inspirasi bagi gerak nyata perubahan Indonesia dan pembangunan yang berkesinambungan.

Acara Seminar Nasional, rencananya akan diisi oleh beberapa pemateri seperti Anton Apryanto, Koordinator Gabungan Kelompok Tani Nasional, Thomas Trikasih Lembong, Menteri Perdagangan Indonesia, Sutrisno, Dosen Teknologi Pasca Panen Pascasarjana IPB, dan Noer Azam Achsani, Pakar Keuangan dan Makro-ekonomi. Informasi acara lebih lengkap bisa dilihat di bagian bawah berita. (Humas Puskornas/RA)

AGRINOVA 2015 HIMMPAS IPB

LATAR BELAKANG

Lulusan pendidikan pascasarjana di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. Hal ini menunjukkan tingginya komitmen dalam menciptakan intelektual berkualifikasi untuk berpartisipasi mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan pembangunan yang keberlanjutan sehingga dapat terwujud kesejahteraan kolektif. Hal tersebut merupakan kultur yang hendaknya terus dikembangkan. Terlebih, pendidikan pascasarjana sangat dibutuhkan untuk membentuk mahasiswa yang tidak hanya memiliki kapasitas keilmuan di bidangnya, namun juga dapat berkontribusi nyata dan memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat. Salah satu wujud kongkritnya adalah penalaman dan pengakraban nilai-nilai luhur dalam organisasi mahasiswa yang terdapat di kampus.

Melihat peluang besar terkait diseminasi nilai-nilai luhur, relijius, kemanusiaan dan moralitas, salah satu organisasi mahasiswa di lingkungan Sekolah Pascasarjana (SPs) Institut Pertanian Bogor yakni Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (HIMMPAS IPB) berupaya untuk turut berkontribusi di dalamnya.

Pada tahun 2015 ini, HIMMPAS IPB berencana untuk menyelenggarakan event nasional bertajuk AGRINOVA,yang akan melibatkan partisipasi ilmuwan bangsa dan para mahasiswa pascasarjana se Indonesia. Serangkaian acara yang telah disusun diharapkan dapat menjadi sarana penambahan informasi dan peran untuk perbaikan yang progresif bagi pembangunan, khususnya di bidang sumber daya manusia.

TEMA

Tema utama yang akan diangkat dalam kegiatan Agrinova 215 ni adalah “HARMONISASI GERAK CENDIKIA” . Berkumpulnya para cendekiawan senior dan cendekiawan muda di Indonesia untuk saling bertukar gagasan diharapkan medapat memberikan inspirasi dan berbuah pada gerak nyata yang kontributif bagi pembangun bangsa yang berkesinambungan.

TUJUAN

Kegiatan ini adalah sebuah inisiasi untuk menyatukan gerak langkah mahasiswa pascasarjana se-Indonesia dalam memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan bangsa. Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai adalah:

  1. Peserta memahami peran dan urgensi mahasiswa pascasarjana dalam pembangunan nasional
  2. Terjalin komuniukasi yang konstruktif antar mahasiswa pascasarjana
  3. Mahasiswa pascasarjana terlibat aktif dalam mencari solusi dari berbagai permasalahan bangsa.
  4. Menumbuhkan motivasi mahasiswa pascasarjanan untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi

KEGIATAN

  1. SEMINAR NASIONAL

Seminar Nasional Agro Ekonomi bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa pascasarjana khususnya agar dapat memengetahui kondisi lapangan pertanian Indonesia, mulai dari kondisi pertanian dan pangan di Indonesia, pengaruh dan peran pertanian terhadap masyarakat Indonesia,memberikan pemahaman penanganan pasca panen yang baik, memberikan informasi tentang manajemen pertaniann (khususnya dalam perspektif syariah), mendapatkan informasi tentang perdagangan pertanian nasional (pengelolaan ekspor dan impor) dan akan dikembangkan dalam rangka memajukan pertanian Indonesia. Berikut pembicara pada seminar Nasional tersebut:

Pembicara I     : Ir. Anton Apryanto, Ph.D (Gabungan Kelompok Tani Nasional )

Pembicara II    : Thomas Trikasih Lembong (Mentri Perdagangan RI )

Pembiicara III : Prof. Dr. Ir. Sutrisno.M.Agr (Dosen Teknologi Pasca Panen Pascasarjana IPB )

Pembicara IV  : Prof. Dr. Noer Azam Achsani (Pakar Keuangn dan Makroekonomi)

  1. ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP TRAINING

Acara ini bertujuan untuk mengasah dan memberi pengetahuan terkait wirausaha Islami. Di era yang serba menuntut kreatifitas masyarakat, maka perlu sekali lahir dari kalangan muslim khususnya enterpreneur muda yang sukses dan berkarakter islami. Acara ini juga bertujuan bukan hanya melahirkan enterpreneuer muda yang berfikir islami dan maju, namun juga memberikan wawasan akan pentingnya menjadi pengusaha sukses yang islami.

Pembicara I     : Kementrian Koperasi dan UKM

Pembicara II    : Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI )

Pembicara III  : Achmad Zacky (Owner Top Online Store di Inonesia )

Pembicara IV  : Nanang Mubaroq (Trainer Nasional dan Pengusaha Muda Islami )

  1. ESSAY& POSTER COMPETION

Mahasiswa pascasarjana sebagai objek pelaku pendidikan memiliki tugas untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Program pascasarjana memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu penelitian ilmiah. Penelitian tersebut harus sesuai dengan dua pilar, yaitu pilar akademik serta pilar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Presentasi essay merupakan tahap terakhir dari lomba essai dan lima finalis akan memaparkan essai yang telah dibuat dihadapan juri dan peserta Seminar Nasional.

Kegiatan Lomba dan Pameran Poster merupakan cabang lomba dalam rangkaian kegiatan AGRINOVA yang melibatkan Mahasiswa pascasarjana IPB dan Mahasiswa Pascasarjana seluruh Indonesia. Poster ini merupakan Poster Ilmiah yang ditampilkan dari penelitian, studi kasus, dan hasil tugas akhir mahasiswa.

  1. BAZAR KEWIRAUSAHAAN

Bazar Kewirausahaan merupakan kegiatan yang melibatkan pengusaha-pengusaha muda untuk mengaplikasikan langsung ilmu wirausahanya. Dalam kegiatan Bazar kali ini ada sebanyak 12 standyang disiapkan untuk pengusaha yang berminat bekerjasama dalam Kegiatan AGRINOVA terdiri dari stand makanan, aksesoris, produk pertanian, dan fashion.

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *