Himmpas UI Adakan Silaturahmi Akbar

dsc_0451-1024x527Tak terasa HIMMPAS UI telah berada pada ujung periode kepengurusan yang pertama. Periode kepengurusan yang terhitung cukup pendek karena baru dibentuk dan mulai bekerja pada bulan April 2014, sehingga usia riil HIMMPAS UI adalah 9 bulan. Selama 9 bulan ini HIMMPAS UI telah merealisasikan beberapa program kerja seperti Jaulah HIMMPAS UI, Taklim pasca sarjana, Upgrading, dan sekolah ilmiah pascasarjana. Silaturahim Akbar dan Mubes HIMMPAS UI ke –I ini merupakan akhir dari program kerja yang direncakan oleh HIMMPAS UI 2014.

Silaturahim Akbar dan Musyawarah Besar HIMMPAS UI ini dihadiri oleh 22 peserta dari berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkup UI serta 2 tamu undangan yaitu Ketua Salam periode 2014 , Fariz Abdillah beserta Pembina Salam yaitu bapak Banu Muhammad, SE., ME. Agenda Silaturahim Akbar dan Mubes HIMMPAS UI ke –I dengan mengusung tema “Peranan Intelektual Muda Islam dalam Membangun Indonesia Bermartabat”. Acara dimulai pukul 09.00 dengan agenda yaitu penyampaian materi yang disampaikan oleh Bpk. Radyum Ikono, B.Eng., M.Eng.

Seperti tema yang di usung pada acara ini, Bang Ikono (sapaan akrab dari Radiyum Ikono, Red) terpilih untuk memberikan materi, tips, dan motivasi karena capaian beliau yang sangat luar biayasa. Di usianya yang masih muda, 26 tahun beliau telah mampu menorehkan tinta presatasi dan karya di tingkat nasional dan internasional. Beliau mendapatkan beasiswa bergengsi dari mentri pendidikan singapura untuk menempuh S1 di Teknik Materlial, Nanyang technology (NTU) Singapura. Setelah menyelesaikan studinya, Beliau melanjutkan studinya di University of Tskuba, bekerja sama dengan Institute for Material Science (NIMS), yang merupakan pusat riset material dan nanoteknologi terbaik di Jepang. Beliau merupakan pendiri Nanocenter, perusahaan di bidang nano teknologi pertama yang ada di Indonesia. Hingga saat ini Beliau juga aktif menulis artikel penelitian di jurnal nasional dan international. Disela kesibukannya beliau juga meyempatkan diri untuk berbagi pengalamanya di bidang pendidikan dengan menjadi penasihat di Fakultasi Teknik Universitas Teknolohi Sumbawa (UTS) dan juga berbagi pengalaman terkait beasiswa dengan mendirikan lembaga yang diberi nama “Sahabat Beasiswa”. Capaian yang luar biasa di usia belia.

Materi yang diberikan sangat menggugah dan provokatif. Beliau berhasil memprovokasi peserta untuk berani berkarya dan berfikir berbeda dengan orang lain pada umumnya. Beliau beranggapan bahwa potensi SDM di UI sangat luar biasa. Sebagai universitas yang besar, seharusnya juga linier dengan kemampuan civitas akademika dalam memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan Bangsa dan Negara. Begitu juga HIMMPAS UI, beliau yakin lembaga mahasiswa satu-satunya yang ada di tingkat pasca ini merupakan wadah perkumpulan orang-orang hebat. Namun pertanyaanya adalah, “apa yang selama ini telah kalian lakukan untuk memberikan kontribusi nyata bagi Bangsa dan Negara?” Pertanyaan yang ringan namun berat untuk dijawab. Tentu saja karena HIMMPAS UI masih berusia dalam hitungan bulan kita bisa sedikit berlapang dada jika kita belum mencapai langkah itu. Namun hal ini akan menjadi tantangan bagi kepengurusan berikutnya untuk mulai mikirkan “roadmap” perjalanan HIMMPAS UI yang berkontribusi nyata untuk Bangsa dan Negara sebagai bukti bahwa “Selalu Ada Cinta untuk Indonesia”.

Tak terasa 120 menit waktu berlalu, meskipun berat untuk mengakhiri sesi Materi Bang Ikono, Panitia terpaksa harus memotong acara karena masih ada agenda utama yang belum kita lalui. Pukul 11. 20 acara inti yaitu Mubes dimulai dan sidang dipimpin oleh presidium sementara yang terdiri dari tiga orang yaitu Defi Efendi (FIK,2013), Ahmad Zulkarnaim (FASILKOM, 2014), dan Fifi Nurfiana(FMIPA-2013). Presidium sementara ini bertugas untuk membahas dan mengesahkan tata tertib sidang, dan memilih presidium tetap untuk memimpin sidang pleno Mubes HIMMPAS UI Ke I. Berdasarkan kesepakatan forum, presidium tetap terpilih terdiri dari tiga orang antara lain Defi Efendi (FIK-2013), Nuralamsyah Zulkarnaim (FASILKOM, 2014), dan Fitria Rahmi (FKM,2014). Agenda Mubes HIMMPAS UI Ke I adalah penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), Suksesi Ketua HIMMPAS UI 2014-2015, dan pembahasan pedoman dasar organisasi.

Laporan Pertanggungjawaban disampaikan oleh drg. Bayu Rahadian, M.KM selaku ketua Himmpas UI demisioner selama 10 menit dan dilanjutkan dengan eksplorasi klarifikasi dari peserta sidang selama 35 menit. Tanpa mendapatkan halangan berarti LPJ dapat diterima oleh forum, disertai dengan beberapa saran dan kritik untuk perbaikan HIMMPAS UI di masa yang akan datang. Terimakasih tentu kita sampaikan pada saudara drg. Bayu Rahadian, M.KM yang telah menghantarkan HIMMPAS UI sejauh ini hingga dapat melewati fase kritis di tahun pertama.

Sesi berikutnya adalah Suksesi ketua HIMMPAS UI untuk periode 2014-2015. Calon yang berhasil disepakati oleh forum adalah Detha Fajri (FE – 2013), Ahmad Tombak Islam Al Ayyubi (FISIP – 2014), Zainal C Airlangga (FISIP – 2013), dan Hadi Prayitno (FT – 2014). Agenda ini terdiri dari dua fase, yaitu Fase pertama penyampaian VISI MISI selama 5 menit untuk masing-masing peserta, dan dilanjutkan dengan sesi eksplorasi dengan diskusi panel selama 35 menit. Dan peserta diperkenankan untuk memberikan jawaban singkat dan padat dengan batasan hanya 2 menit untuk masing-masing jawaban.

Sesi Eksplorasi tak terasa berlalu dengan cepat, namun pertanyaan dan tanggapan harus dipotong oleh Presidium dalam rangka mentaati batas waktu yang telah disepakati. Dan pada akhirnya tibalah pada sesi pemilihan ketua HIMMPAS UI dengan cara syuro yang diwakili oleh “Tim Lima” yang terdiri dari lima orang dari empat unsur antara lain Banu Muhammad (Pembina SALAM UI), Fariz Abdillah (Ketua SALAM UI aktif), Linda J. Kusumawardani dan Alan Dwi Wibowo (alumni mahasiswa pascasarjana UI).

Musyawarah ini juga mempertimbangkan masukan dari seluruh peserta Mubes berupa form penilaian kandidat yang telah diisi oleh seluruh peserta. Setelah melalu diskusi selam 20 menit akhirnya TIM LIMA menghasilkan keputusan yaitu menentukan saudara Detha Fajri sebagai ketua HIMMPAS UI 2015. Pengumuman ini berlangsung sangat khidmat, tidak ada tepuk tangan tidak ada sorak sorak gembira. Semua mulut terkunci, kepala tertunduk, tangan menengadah dengan diiringi doa bersama memohon agar Allah meridhoi keputusan ini. Setelah doa, ketua presidium mempersilakan Ketua HIMMPAS baru untuk memberikan orasi perdananya. Dan kemudian agenda II ditutup dengan serah terima Jabatan secara Simbolis dengan penyerahan jaket HIMMPAS UI dari ketua demisioner kepada ketua terpilih.

Agenda terakhir adalah pembahasan pedoman dasar organisasi. Namun karena hari sudah menjelang malam, maka forum menyepakati bahwa pedoman dasar organisasi tidak dibahas dalam rapat ini namun akan diamanahkan kepada kepengurusan berikutnya untuk melanjutkan pembuatan pedoman dasar organisasi bekerjasama dengan tim khusus yang telah dibentuk di periode sebelumnya. Kita doakan semoga kepengurusan HIMMPAS UI yang akan datang dapat memberikan kontribusi terbaik bagi perkembangan HIMMPAS UI dan juga kontribusi nyata terhadap kemuliaan Agama, Bangsa, dan Negara.

Salam “Selalu Ada Cinta Untuk Indonesia”. #Defi

Minggu 21 Desember 2014, 28 Rabiulawal 1436 H

Diambil dari official website: Himmpas UI

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *