KIPAS Undip Gelar Pesantren Kecil

SEMARANG, 15/10 (BeritaJateng.net) – Memasuki bulan Muharram 1437 Hijriyah atau lebih dikenal dengan Asyuro (suro, kata orang Jawa), Keluarga Islam Pascasarjana (KIPAS) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan acara Pesantren Kecil Sahabat KIPAS di Panti Sosial Anak Asuh Al-Idris Desa Plalangan RT 04 RW 03, Kelurahan Plalangan, Kec. Gunungpati Semarang, Kamis (15/10) lalu.

Pesertanya sendiri terdiri dari 18 orang anak panti asuhan dengan usia 5 sampai 13 tahun. Acara ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan anak-anak Panti Sosial Anak Asuh Al-Idris dari KIPAS Undip.

“Tujuan acara ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mencerdaskan anak-anak bangsa, terutama anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi”, tutur Surepno, Ketua Bidang Syiar sekaligus Penanggungjawab program sosial tersebut.

Selain membangun semangat membaca dan belajar melalui Rumah Baca yang telah dibuat KIPAS Undip pada 9 Juli lalu, KIPAS Undip kali ini mencoba memberikan edukasi kesehatan dan kegiatan peningkatan pemahaman agama melalui berbagai permainan edukasi kepada 18 anak panti yang tinggal di panti tersebut.

Ada sekitar 15 orang pengurus dan 17 orang sahabat KIPAS Undip dari berbagai jurusan pada program Pascasarjana Undip turut hadir dalam acara Pesantren Kecil Sahabat KIPAS. Mereka memberikan berbagai permainan edukasi kesahatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk anak-anak panti yang dipandu langsung oleh Faizal Rangkuti, Pemerhati Anak dan Dosen Fakultas Kesehatan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang juga merupakan Alumni KIPAS Undip.

Mujib Wahyudi Ketua Umum KIPAS Undip, berharap dengan adanya taman baca dan kegiatan pembinaan yang dilakukan KIPAS Undip mampu mendorong adik-adik panti semakin meningkatkan prestasinya.

“Lebih bersemangat lagi untuk menimba ilmu setinggi-tingginya guna melahirkan generasi bangsa yang lebih baik,” pungkasnya. (BJT01)

Sumber: Berita Jateng, berita asli klik disini

Diedit kembali oleh: Tim Humas Puskornas Forsi Himmpas (RA)

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *