Kuliah Online Puskornas, Gaya Baru Diskusi Lintas Negara

Yogyakarta, Minggu (11/10). Ada hal unik yang dilakukan oleh Bidang Pengembangan Keilmuan Pengurus Pusat Koordinasi Nasional Forum Silaturahmi Mahasiswa Muslim Pascasarjana (Puskrornas Forsi Himmpas) Indonesia pada Minggu malam (11/10). Pasalnya, Puskornas Forsi Himmpas mengadakan Kuliah Tastqif Online Puskornas. Kegiatan yang diikuti oleh tidak kurang dari 44 orang peserta yang tersebar dari seluruh Himmpas se-Indonesia ini berjalan sukses dan lancar. Kustomo, Moderator Tasqif Online Puskornas, dalam awalan kegiatan mengingatkan beberapa hal terkait aturan main dalam kegiatan tersebut. “Karena ini berbasis grup whatsapp, maka ada beberapa aturan seperti tidak boleh menyela dengan postingan saat pembicara menjelaskan materi dan setiap pertanyaan harus melalui pesan pribadi ke moderator”, tegas Kustomo

Hadir sebagai pembiacara pada kegiatan tersebut, Muhammad Khafidh, Dosen UII Yogyakarta yang sekarang tinggal di Enshende Belanda dan tengah menempuh Studi Doktoral di Universitas Twente. Selain Khafidh, juga hadir Min Fadli Dirain, Pascasarjana Universitas Pancasila Jakarta.

Baik Khafidh maupun Fadli, keduanya menegaskan bahwa perjalanan karir yang diawali dengan tahapan akademik, seperti kuliah, haruslah didasari dengan niat yang kuat dan ikhlas serta tekad yang bulat. Sebab akan banyak ditemukan tantangan dan kesulitan. Lebih jauh, Khafidh menceritakan perihal keuntungan kuliah di luar negeri, antara lain perihal akses yang lebih luas. “Kuliah di luar negeri nantinya kita akan memperoleh kemudahan akses, baik itu jurnal, riset, alat-alat laboratorium, maupun jaringan keilmuan. Tentunya ini akan sangat berguna bagi kita”, ujar Khafidh.

Kuliah Tastqif Online Puskornas berlangsung dari pukul 8 malam hingga 10 malam. Respon positif atas kegiatan ini datang dari seluruh peserta. Terbukti dengan banyaknya peserta yang antusias mengajukan banyak pertanyaan. (Humas Puskornas/RA)

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *