Musyker Himmpas UPI, Belajar Ajak dan Ajarkan Kebaikan

BANDUNG (1/5) – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai salah satu universitas yang fokus bukan hanya pada pengembangan pendidikan di Indonesia tetapi juga moral dan perilaku anak bangsa banyak menunjukkan arah perubahan yang sangat bagus. Sa;ah satu perubahan yang terlihat adalah dengan adanya Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Himmpas UPI) yang bukan hanya berfungsi sebagai lembaga dan wadah aktivitas dakwah kampus pascasarjana, tetapi juga ikut serta dalam mewujudkan visi misi UPI. Keikutsertaan Himmpas UPI dalam membangun UPI, terlihat jelas, salah satunya dengan diadakannya Muswayarah Kerja (Musyker) Pengurus Himmpas UPI, Jumat (1/5) lalu. Dengan membawa semangat “Belajar, Ajak, dan Ajarkanlah Kebaikan”, Himmpas UPI mencoba dan berusaha untuk konsisten dalam gerakan perbaikan personal dan kolektif.

            Acara yang dilaksanakan di Masjid Al-Furqon Kampus UPI tersebut, diawali dengan pembacaan ayat Alquran oleh Dede Surahman, yang juga merupakan Alumni Himmpas UPI, dan kemudian diisi dengan Taujih Motivasi oleh Ustadz Azrul, Ketua Puskornas Forsi Himmpas Indonesia Tahun 2013. Azrul mengajak seluruh Pengurus dan Anggota Himmpas UPI untuk jangan pernah takut atas kegagalan. “Melalui kegagalan itu kita bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga”, ujar Azrul. Lebih jauh Azrul memotivasi peserta Musyker Himmpas UPI dengan sikap positif memandang kegagalan. “Terkadang Allah memberikan pelajaran kepada kita dengan kegagalan. Pemahaman kegagalan dan kesulitan hanya milik orang-orang yang salah berpikir dan memaknai masalah”, ujarnya lebih jauh. Yoga Pratama, Ketua Umum Himmpas UPI dalam sambutannya mengajak seluruh peserta Musyker untuk bersama-sama membangun Himmpas UPI dengan program-program kerja yang kreatif dan inovatif.

            Kegiatan Musyker dilanjutkan dengan pemaparan program kerja yang telah disusun oleh pengurus harian dan divisi-divisi Himmpas UPI. Pengurus Harian (PH) Himmpas UPI pada tahun ini mencoba untuk rapih secara administrasi, mulai dari surat-menyurat sampai inventarisasi barang/aset Himmpas UPI. Pembuatan bukusyuro untuk setiap divisi juga diharapkan dapat dioptimalkan untuk mencatat hasil dari setiap agenda syuro. Sementara itu, Kajian Rutin Keislaman menjadi program utama dari Divisi Kaderisasi Himmpas UPI. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa UPI secara umum dan pengurus Himmpas UPI secara khusus dalam mempelajari pengetahuan tentang Islam. Kemudian, Dakwah Cyber menjadi program unggulan dari Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) Himmpas UPI. Dakwah Cyber nantinya akan fokus kepada pengelolaan akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram. Selain itu blog dan website juga akan dimaksimalkan dalam fungsi media, informasi dan jejaring yang lebih luas.

            Di samping Dakwah Cyber, Divisi Infokom juga memiliki fungsi penguatan jaringan dan tokoh, salah satunya melalui Kunjungan dan Silaturahmi dengan Himmpas lainnya, seperti Keluarga Mahasiswa Islam Institut teknologi Bandung (Kamil ITB) dan beberapa tokoh di Bandung. Berbeda dengan Divisi Infokom, Divisi Pengkajian Ilmiah fokus pada pengembangan potensi dan keilmuan di tingkat mahasiswa UPI secara luas. Divisi Pengkajian Ilmiah akan fokus pada kegiatan seperti Seminar Pemetaan Potensi Diri, Komunitas Ilmiah, dan English Friday. Diharapkan melalui serangkaian kegiatan tersebut, Himmpas UPI mampu direspon secara positif oleh seluruh sivitas akademika UPI dan dapat bersinergi baik dengan lembaga kemahasiswaan di UPI maupun jaringan Forum Silaturahmi Himmpas Indonesia secara nasional.

Sumber Berita: Infokom Himmpas UPI

Editor: Humas Media Puskornas Forsi Himmpas [RA]

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *