Diskusi Karakter Bangsa Menuju Hari Pendidikan Nasional

Menjelang Hari Pendidikan Nasional, perwakilan pengurus Pusat Koordinasi Nasional Forum Silaurahmi Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (FORSI HIMMPAS) Indonesia dan Keluarga Islam Pascasarjana (KIPAS) UNDIP melakukan kunjungan dan diskusi ke Dinas Pendidikan Jawa Tengah pada tanggal 26 April 2016. Diskusi ini membahas peran pendidikan dalam membentuk karakter bangsa.

Kepala Bidang Pengembangan Pendidik Tenaga Kependidikan, Bapak Imron Rosyadi, SH., M.Pd. menyampaikan bahwa pendidikan untuk membentuk krakter bangsa harus dimulai sejak kecil (PAUD). Pendidikan dengan karakter dapat mempersiapkan pemimpin-pemimpin untuk Indonesia di masa depan.

Begitupun yang disampaikan oleh Bapak Drs. Bambang Supriyono, M.Pd., kepala seksi kurikulum pendidikan menengah. Beliau menyampaikan bahwa di dalam bidang pendidikan, porsi karakter memiliki bagian yang sangat besar. Bahkan sebelum masuk pada tahap intelektual, siswa dididik untuk berkarakter terlebih dahulu. Jadi manusia tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki karaker yang kuat sehingga bisa menggunakan kecerdasannya dengan tepat.

Sejalan dengan hal yang telah disampaikan sebelumnya, Bapak Dr. Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si., kepala seksi kurikulum pendidikan dasar, menjelaskan bahwa tuntutan manusia di abad 21 ini mencakup tuntutan leadership, digital literacy, dan entrepreneurship maka karakter manusia harus semakin kuat agar dapat bersaing secara global dengan bangsa lain. Beliau juga berpesan untuk tidak hanya terfokus pada pendidikan formal, tetapi juga informal dan non formal. Pendidikan karakter harus diterapkan pada semua jenis lembaga pendidikaan ini.

Ketua Puskornas Forsi HIMMPAS Indonesia, Mohamad Huri, S.KM, menyatakan bahwa dalam rangka hari pendidikan nasional, kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan karakter pada semua tingkat pendidikan baik dasar, menengah, dan tinggi. Selain itu beliau menambahkan moment HARDIKNAS ini menjadi lebih penting karena sebagian anggota Himmpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (HIMMPAS) yang tergabung dalam Forsi HIMMPAS Indonesia memiliki program yang berkaitan dengan pendidikan.

Kemudian Rina Susanti, SE., pengurus puskornas Forsi HIMMPAS Indonesia, secara terpisah mengatakan bahwa kegiatan dalam rangka hari pendidikan nasional juga dilakukan oleh HIMMPAS di masing-masing universitas, seperti HIMMPAS UIN Malang, HIMMPAS UM, HIMMPAS UI, KAMIL Pascasarjana ITB, HIMMPAS UNY, FOMMPAS UNS, dsb. Sedangkan untuk daerah semarang dilakukan oleh KIPAS UNDIP dan KOMMPAS UNNES.

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *