Telisik Pendidikan Indonesia untuk Kemajuan Bangsa (Hardiknas 2016)

Pendidikan adalah bidang yang memiliki andil sangat besar dalam upaya memajukan Bangsa Indonesia. Beragam masalah yang terjadi, baik pada bidang pendidikan itu sendiri maupun pada masyarakat, mengantarkan kami pada sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam bingkai Hari Pendidikan Nasional. Dengan didahului oleh tema Telisik Pendidikan Indonesia, kegiatan ini mengangkat masalah yang ada untuk dapat menemukan solusi yang dapat diterapkan bersama. Tulisan-tulisan berikut merupakan hasil diskusi yang dilaksanakan oleh HIMMPAS Universitas bersama tokoh atau pakar pendidikan yang berada di lingkungan kampus masing-masing dengan mengadakan kunjungan, dialog, dan juga talksow pada tanggal 24 April – 21 Mei 2016.

Berikut ini kami sertakan rangkuman materi dari rangkaian kegiatan hardiknas tersebut.

  1. Peran Cendekiawan Muslim dalam Kemajuan Pendidikan (Kamil Pascasarjana ITB)
  2. Peran Mahasiswa Pascasarjana Menghadapi Realitas Pendidikan di Era Globalisasi (HIMMPAS UI)
  3. Mengetahui Banyak Tentang Sedikit (HIMMPAS UIN Maliki Malang)
  4. Problematika dan Masa Depan Pendidikan Indonesia untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean dan Lajunya Perubahan Zaman (HIMMPAS UM)
  5. Peran Pendidikan Nasional dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat (KIPAS UNDIP)
  6. Konsep Pendidikan Al Ghazali: Refleksi Pendidikan Indonesia (FOMMPAS UNS)
  7. Pendidikan: Sarana Membentuk Bangsa Cerdas dan Berkarakter (Puskornas)

Perbaikan pendidikan diharapkan mampu menumbuhkan banyak intelektual muslim yang dapat berkontribusi memajukan Agama dan Negara. Sebagaimana hal tersebut juga sejalan dengan visi Forsi Himmpas Indonesia yaitu “Terwujudnya peran intelektual muslim dalam memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa”.

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *