SEMAR 2016, A World Class Nation Culture University

Forum Mahasiswa Muslim Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta akan mengadakan special event bertajuk “SEMAR 2016”, sebuah acara yang bertemakan “A World Class Nation Culture University” yang menjunjung tinggi identitas diri dan bangsa. Acara ini akan diadakan selama dua hari di Aula Gedung Pascasarjana UNS Lantai 6 pada tanggal  5-6 November 2016.

Acara ini bermaksud  untuk mengingatkan seluruh civitas akademika, pendidik dan aktivis pendidikan kembali mengenai perguruan tinggi di Indonesia pada saat ini telah memasuki era baru, suatu era kompetitif yang penuh tantangan, perubahan, dan turbulence. Hal ini membawa mahasiswa yang menuntut ilmu di perguruan tinggi mengharapkan hasil dari komunikasi dan motivasi ganda diantaranya ilmu pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, keyakinan, perilaku luhur dan gelar dalam arti seimbang.

Forum Mahasiswa Muslim Pascasarjana UNS (FOMMPAS UNS) sebagai tuan rumah dalam kegiatan akbar pertemuan mahasiswa muslim pascasarjana se-Indonesia pada tahun 2016 ini, akan mengadakan serangkaian kegiatan yang meliputi seminar nasional untuk menunjang wawasan keilmuan, lomba call for essay, launcing buku dan forum diskusi sebagai sarana berbagi ilmu antar himpunan mahasiswa muslim pascasarjana. Kegiatan ini akan diakhiri dengan musyawarah nasional Forum Silaturahmi Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Indonesia (Forsi Himmpas Indonesia) sebagai suksesi kepengurusan Forsi Himmpas.

Pembukaan SEMAR 2016 akan diselenggarakan dengan meriah. Mengundang Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. selaku Rektor UNS dan jajaran pemimpin direksi Program Pascasarjana UNS. Pembukaan SEMAR 2016 semakin meriah dengan serangkaian ceremonial dan pertunjukan menarik tentang kesenian sebagai warisan luhur budaya bangsa Indonesia.

Seminar Nasional pada acara SEMAR 2016 mengusung tema : “Local Wisdom Towards Universities Competitiveness In Global Perspective” dengan pembicara dari tokoh akademisi Nasional dan akademisi kampus UNS. Acara ini  dihadiri oleh mahasiswa pascasarjana seluruh perguruan tinggi dan peserta SEMAR 2016. Tujuan dari acara ini adalah terbentuknya inspirasi mengenai peran mahasiswa dalam mengangkat nilai-nilai kearifan lokal untuk menunjang daya saing universitas ditingkat dunia.

Kegiatan selajutnya dalam SEMAR 2016 adalah Call for Essay yang bertujuan untuk mendapatkan gagasan-gagasan dan solusi besar mahasiswa pascasarjana tentang tema: “Creating Young Generation Based on National Culture Across The Globe”. Essay hasil pemikiran tentang tema tersebut akan direview oleh Prof. Dr. Andayani, M.Pd. selaku Kepala Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. selaku Kepala Program Studi S2 Teknologi Pendidikan, dan Prof. Dr. Sumarlam, M.S. selaku dosen S2 dan S3 Program Studi Linguistik. Tiga besar pemenang Call for Essay kemudian diundang untuk memaparkan hasil gagasannya pada acara SILATNAS FORSI HIMMPAS 2016.

Launching buku dengan judul: “A World Class Nation Culture University” oleh FOMMPAS UNS 2016 memiliki tujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa pascasarjana dalam proses internasionalisasi perguruan tinggi yang berbasis budaya bangsa. Acara ini akan diisi oleh penulis dari FOMMPAS UNS dan akademisi UNS yang mengawal “UNS World Class University” tahun 2020.

SEMAR 2016 ini dihadiri oleh jejaring himpunan mahasiswa muslim pascasarjana di Indonesia dengan tema: “Strategic Contribution of Moslem Students in Universities Competitivenes”. Tujuan dari acara ini adalah perencanaan strategi kontribusi tiap HIMMPAS dalam menyambut internasionalisasi perguruan tinggi berbasis budaya bangsa dan regenerasi kepengurusan FORSI HIMMPAS Indonesia.

Firmansyah sebagai ketua pelaksana “SEMAR 2016” mengatakan bahwa acara ini diharapkan agar masyarakat, khususnya lagi generasi muda kita nanti tidak melupakan budaya populer yang  pernah  ada. Selain itu, masyarakat dapat  memahami dampak terhadap pendidikan dan perkembangan anak yang ditimbulkan dari semakin bersaingnya universitas yang bertaraf global. Dengan adanya acara ini, diharapkan kedepannya masyarakat, terutama para stakeholders dan yang berkepentingan dalam dunia pendidikan untuk memanfaatkan sumber-sumber daya lokal, nasional maupun internasional akan memberikan kesempatan untuk menjadikan perguruan tinggi di Indonesia sebagai institusi berkelas dunia.”

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *