Dzikrul Maut: FOMMPAS UNS Mengadakan Pelatihan Pengurusan Jenazah

Surakarta- Forum Mahasiswa Muslim Pascasarjana atau biasa dikenal dengan FOMMPAS UNS telah mengadakan pelatihan pengurusan jenazah pada hari Jumat lalu (14/4/2017). Pelatihan ini merupakan bagian dari kajian muslimah yang biasanya diadakan rutin 2x dalam sebulan dan diprakarsai oleh bidang kemuslimahan. Tema ini diambil karena penyelenggara melihat kegiatan seperti ini jarang sekali diadakan di lingkungan UNS khususnya dan mengingat hal ini penting untuk diketahui oleh setiap muslim.

Kegiatan ini diadakan di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS yang dihadiri sekitar 36 orang. Peserta yang hadir sebagian besar adalah pengurus FOMMPAS karena diwajibkan. Acara berlangsung selama lebih kurang 4 jam yaitu dari pukul 07.30 s.d 10.45WIB, diisi dengan materi dan praktek oleh Ustadzah Nur Sillaturohmah, Lc, lulusan Universitas Al-Ahzar Kairo. Materi yang disampaikan mencangkup pembahasan tentang memandikan, mengkafani, mensholati dan mengkuburkan jenazahnya. Namun, pada sesi prakteknya hanya difokuskan pada tata cara memandikan dan mengkafani saja.

Ketua bidang Kemuslimahan, Masyitah As Sahara, mahasiswa Magister Akuntansi FEB UNS menyampaikan bahwa pelatihan ini diadakan untuk memberikan skill pengurusan jenazah kepada muslimah pascasarjana mengingat hukumnya yang wajib dan memiliki keutamaan yang besar sebagaimana terdapat dalam hadist berikut: “Barangsiapa memandikan (jenazah) seorang muslim seraya menyembunyikan (aib)nya dengan baik, maka Allah akan memberikan ampunan empat puluh kali kepadanya. Barangsiapa membuatkan lubang untuk lalu menutupinya, maka akan diberlakukannya pahala seperti pahala orang yang memberikan tempat tinggal kepadanya sampai hari kiamat kelak. Barangsiapa mengkafaninya, niscaya Allah akan memakaikannya sundus (pakaian dari kain sutera tipis) dan istabraq (pakaian sutera tebal) surga di hari kiamat kelak.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

“Semoga ilmu yang diperoleh barokah, jangan lupa dipraktekkan dan ikuti terus kajian muslimah FOMMPAS selanjutnya,” tambahnya.

 

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *