KIPASCA Menebar Senyum, Merajut Cinta bersama Yatim dan Dhuafa

Semarang, 27 Mei 2018, Memasuki bulan Ramadhan 1439 H atau biasa disebut Bulan Puasa Ramadhan, Keluarga Islam Pascasarjana Universitas Diponegoro (KIPASCA Undip) bersama Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Teknik Kimia (HIMPASTEKMA) Undip mengadakan acara “Bakti Sosial 2018 Keluarga Islam Pascasajana Undip” yang mengangkat tema “Menebar Senyum, Merajut Cinta bersama Anak Yatim dan Dhuafa” di Pondok Pesantren dan Panti Sosial Sunan Muria Al Islami di Kelurahan Rowosari, Dusun Pengkol Rt05/Rw07 Kec. Meteseh Kota Semarang.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh 21 santri Pondok dan Panti Sosial Sunan Muria dengan usia SD hingga SMA. Juga turut hadir perwakilan HIMPASTEKMA Undip sebanyak 12 orang dan 32 anggota dan sahabat KIPASCA Undip. Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kepedulian sosial pengurus dan anggota KIPASCA Undip serta masyarakat umum terhadap sesama khususnya kepada anak yatim dan dhuafa, sekaligus memanfaatkan momen Ramadhan dalam meningkatkan amal ibadah.

“Acara ini terselenggara bukan hanya sebatas karena program kerja KIPASCA, tapi acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian sesama dan memaksimalkan amal ibadah kepada Allah swt. selama bulan Ramadhan tahun ini”, tutur Ramadan sebagai Ketua KIPASCA Undip dalam sambutannya.

Acara ini juga diselenggarakan untuk menjalin silaturahim KIPASCA Undip dengan dunia luar kampus, khususnya Santri dan Pengasuh Pondok Sunan Muria Al Islami Meteseh. Juga untuk memberikan semangat dan motivasi kepada santri Pondok Sunan Muria Al Islami Meteseh.

Pada acara Baksos tahun ini, KIPASCA berhasil mengumpulkan Donasi uang sejumlah Rp. 12.000.000,-, Tas sekolah beserta isinya sesuai jumlah santri, pakaian syar’i layak pakai, buku pelajaran dan barang lainnya yg dibutuhkan oleh santri dan Pondok Sunan Muria Al Islami. Semua donasi tersebut dikumpulkan dari mahasiswa, dosen dan masyarakat umum serta sponsor dari PKPU Kantor Cabang Jateng dan PLN Wilayah Kota Semarang. Donasi diterima langsung oleh pengasuh Pondok dan Panti Sosial Sunan Muria Al Islami Meteseh.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para donator, khususnya kepada KIPASCA Undip telah mengumpulkan donasi dan melaksanakan acara Bakti Sosial pada hari ini di tempat kami, semoga apa yang menjadi keinginan dan harapan kalian Allah mudahkan dan segera tercapai”, ujar Pak Muslih selaku pemilik sekaligus pengasuh Pondok Pesantren dan Panti Sosial Sunan Muria Al Islami.

Dalam rangkaian acara ini tidak hanya memberikan donasi kepada santri, namun juga memberikan edukasi dan peningkatan pemahaman keagamaan melalui tausiyah serta games-games edukatif kepada para santri Pondok Sunan Muria Al Islami. Games berlangsung seru dan menyenangkan yang diisi dengan kuis berhadiah dan games tebak kata tentang syiar Islam. Rangkaian acara diakhiri dengan doa bersama, Buka puasa bersama dan sholat jamaah Maghrib di Pondok Sunan Muria Al Islami.

Ketua umum KIPASCA Undip yang juga merupakan Mahasiswa Magister Teknik Sipil, Ramadan, ST. berharap acara ini (BAKSOS KIPASCA Undip) tetap dijalankan di tahun-tahun selanjutnya, dan menjadi program jangka panjang bagi KIPASCA Undip sekaligus menjadi sarana Dakwah dan sarana untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama wabilkhusus kepada Anak Yatim dan Dhuafa.

Berbagi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *